09.00 - 04.00 / 19.00 - 21.00
081230001003
081230001003
081230001003

laroslaptop@gmail.com
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

MacBook terasa lemot banget, mari kita cari penyebabnya

Thursday, July 25th 2019.

MacBook terasa lemot banget, mari kita cari penyebabnya
MacBook tergolong perangkat yang handal dan tangguh pada komponen hardware dan lain-lainnya.
Untuk itu wajar bila harganya mahal dan kualitas yang istimewa.

Tapi Macbook tidak menutup kemungkinan menjadikan kendala pada komponen ini yang membuatnya menjadi lemot waktu kita menggunakan/ mengoperasikanya.
7 Faktor yang akan kami ulas yang menjadikan lemot pada macbook anda, antara lain :

1. Login Items Penuh
Lemot juga bisa terjadi ketika banyak sekali aplikasi yang dipaksa berjalan saat Boot Up Macbook Anda. Kadangkala terdapat beberapa aplikasi yang memasukkan dirinya ke login item tanpa sepegetahuan Anda. Untuk itu, agar penyakit lemotnya bisa teratasi cobalah untuk uncheck beberapa aplikasi yang tidak diperlukan. Caranya dengan masuk ke System Preferences lantas klik Accounts dilanjutkan dengan klik User Account dan tap Login Items.
Di sini uncheck beberapa aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan, semoga dengan begitu penyakit lemot Macbook Anda bisa teratasi.

2. Hardisk Hampir Penuh
Salah satu penyebab yang sering terjadi adalah harddisk (atau SSD) Anda telah penuh hingga menyebabkan Macbook Anda lemot. Dalam cara kerja Macbook, informasi yang didapat RAM akan bergantian dengan disk storage, dan dilakukan secara terus menerus. Jika penuh, OS tidak bisa bekerja secara efisien dan butuh waktu lebih lama untuk melakukan read/write data. Selain lemot, hal ini juga bisa menyebabkan crash atau program yang tidak berjalan dengan baik bisa merusak disk directory atau file cache aplikasi. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menginventarisasi beberapa program dan meng-uninstall beberapa diantaranya yang jarang dipakai.
Anda juga bisa menghapus beberapa file yang tidak dibutuhkan atau memindahkannya ke cloud storage.

3. Proses liar di Background
Jika sebuah aplikasi yang sedang dijalankan hang, maka otomatis seluruh sistem tidak bisa berjalan. Memang hal ini tidak selalu terjadi, tapi Anda pasti pernah mengalaminya. Untungnya, untuk Macbook kejadian ini tidak menyebabkan OS benar-benar tidak bisa dikendalikan. Cara untuk mematikan aplikasi yang hang ini cukup mudah, yaitu dengan menekan ⌘+⌥+Esc atau Command+Option+ Escape untuk memunculkan Force Quit dan matikan aplikasi yang membuat Macbook Anda hang.

4. Bekerjanya Time Machine
Ketika Time Machine bekerja, biasanya OS Macbook akan melakukan backup berkala dan menulis file-file baru ke hardisk eksternal yang digunakan sebagai backup. Proses ini bisa membuat Macbook Anda lemot, terutama pas menyalin data dalam ukuran besar. Jika ini yang terjadi, lebih bijak membiarkan Time Machine menyelesaikan pekerjaannya terlebih dahulu apalagi jika ukuran file yang di-backup cukup besar. Namun jika Anda ingin melewati prosesnya, Anda membuat folder baru yang disetting untuk tidak masuk pada proses backup berkala.

5. RAM Tidak Cukup
Bisa jadi Macbook Anda lemot karena RAM yang dimilikinya sudah tidak memadai. Untuk mengobatinya ada dua cara yaitu dengan reset/clear PRAM dan NVRAM agar performanya kembali lancar seperti pemula atau dengan menambah RAM. PRAM atau Parameter Random Access Memory dan NVRAM atau Nonvolatile RAM adalah suatu wadah digital tempat memori iOS menyimpan data dan informasi yang terkait dengan kinerja hardware, seperti misalnya resolusi layar, wifi reciever, speaker volume, dan lain sebagainya. Jika Anda tidak bisa meresetnya, opsi kedua bisa menjadi pilihan yang baik. Untuk urusan yang satu ini, iBenerin dapat membantu Anda agar performa Macbook Anda bisa kembali optimal.

6. Kipas MacBook kotor dan pasta Processor minta ganti
Sangat berpengaruh di kinerja, karena suhu di hardware tidak stabil, Alternatif bongkar Macbooknya dan bersihkan kipas, misal membersihkan kipas pada macbook sekalian juga mengganti pasta yang lama di ganti dengan pasta yang baru biar lebih maksimal kinerja macbook anda

7. Gagal  Unlock EFI pada Macbook
yang terjadi seperti ini jarang banget, cuma pernah di rasakan oleh user pengguna karena lupa password iCloud, setelah update dan reset bios menjadi lemot tidak eperti awal macbook beli, alternatif mengganti file bios macbook di sesuaikan dengan serial nya baru nanti macbook menjadi normal kembali ( alternatif bawa ke tempat Service Mac yang recommended untuk menghasilkan pengerjaan pada macbook anda dengan benar dan pas, supaya menjadikan macbook anda normal kembali )

Untuk Konsultasi terkait kerusakan macbook, anda bisa Call/ Wa kami di : 0812-3000-1003
atau datang langsung ke store/ Toko kami yang berada di : Jalan Candipanggung Nomer 33a Malang Kota Jawa Timur

Ready
Rp 125.000
Ready
Rp 50.000
Ready
Rp 75.000
Ready
Rp 100.000
Ready
Rp 150.000
Rp (Hubungi CS)